Langkah Sukses dalam Mencapai Kebebasan Finansial!

Home / Langkah Sukses dalam Mencapai Kebebasan Finansial!

Banyak sudah beberapa pertanyaan  yang sering muncul di kepala kalian semua jika benar-benar membahas adanya finansial fredom atau yang dinamai dengan kebebasan finansial. Yang mana, kebanyakan pengertian dari kebebasan finansial ini yang mengartikan langsung kita sudah bebas dari maslah utang dan diaktakan stabil dalam segi finansialnya. Selain pendapat ini, ada juga yang memberikan sebuah pendapat bahwasannya kebebasan finansial ini sendiri kalian sudah memiliki adanya tabungan dalam bentuk apapun itu, terutama sekali simpanan tabungan dalam bentuk investasi.

Memang kita tahu juga, bahwa teori dari kebebasan finansial ini sendiri hanyalah sebuah teori yang amat bagus ataupun hanya menjadi impian semata dari orang-orang yang tahu akan kebebasan finansial itu sendiri. Yang perlu diingat adalah kebebasan finansial ini bukan suatu strategi agar bisa mencapai adanya KEKAYAAN DENGAN CEPAT!!. Malah, kebebasan finansial ini adalah kebalikannya dari penuh tanggung jawab atas kendali penuh masalah keuangan dari hasil kerja keras yang telah kita buat.

Menikmati kebebasan finansial

Diambil dari kisah Grant Sabatier yang merupakan seorang Miliarder yang sekaligus adalah penulis dari buku finansial freedom yang sudah mengetahui adanya keperluan untuk bisa mencapai kebebasan finansial ini sendiri. Dan dalam jangka waktu 5 tahun saja, dirinya lulusan dari perguruan tinggi yang dulunya hidup susah dan berjuang bersama dengan orang tuanya bisa untuk meningkatkan adanya kekayaan bersih dengan mencapai keberhasilan diatas US$1 JUTA.

Tahapan Sukses pada Penerapan Kebebasan Finansial

# Tingkatan ke 1

Yang mana ini adalah sebuah kejelasan!!

Yang dimaksud kejelasan itu sendiri ialah harus benar-benar bisa mencari tahu tentang dimanakah posisi kalian disaat sebelumnya kalian benar-benar bisa mencapai adanya posisi yang kalian inginkan. Mampu mengabaikan adanya tagihan kartu kredit ataupun semua hal yang membuat menumpuk dan bisa menambah segalanya jadi bermasalah.

Dimulai dari adanya hal-hal yang terlihat sederhana yakni dengan kalian melacak sebuah pengeluaran dan juga pendapatan dimana kalian ini mencaritahu adanya dimana kalian mampu untuk mengurangi berbagai pengeluaran yang memang tidak penting untuk kalian gunakan.

# Tingkatan ke 2

Yang mana ini adalah sebuah Swasembada!!

Masuk ke Swasembada , yang merupakan segala jenis kebebasan itu berasalkan dari Swasembada. Disini dalam artian memang benar-benar mampu di dalam menyediakan adanya kebutuhan pada diri sendiri. Pada dasarnya, kita haruslah bisa untuk mencukupi kebutuhan sendiri dan juga mampu untuk mendapatkan secukupnya mengenai uang. Sehingga, pada akhirnya bisa untuk hidup kalian sendiri. Termasuk di dalam membayar masalah kebutuhan pokok yakni masalah Makanan maupun masalah Transportasi.

# Tingkatan ke 3

Yang mana ini masuknya pada Breathing Room!!

Jika sudah paham pada tingkatan ke 1 dan ke 2, maka masuk ke tahap 3. Yang dimana disebut oleh Grant Sabatier sebagai ruangan yang bernafas. Dari sinilah, kalian dinilai mampu untuk bisa yang namanya menghemat adanya biaya hidup selama 6 bulan lamanya dan mampu memiliki sebuah ruang untuk bisa bernafas. Yang mana. Dalam keadaan darurat ini dapat teratasi. Menurut sebuah survei indeks yang mana keamanan finansial 2018 yang dimiliki oleh Bankrate sendiri terdirid ari 39% responden yang dikatakan mampu didalam menangani adanya keadaan darurat dengan nilai tidaklah terduga hingga US$ 1,000.

# Tingkatan ke 4

Yang dimana ini masuknya ke Stabilitas!!

Yang namanya stabilitas tentu saja dong harus dimiliki oleh semua orang di dalam menjamin adanya kebebasan finansial bukan ?…dari sini kalian bisa untuk menabung yang cukuplah banyak dalam mencukupi adanya biaya darurat. Yang mana, disini kalian harus bisa menghemat lebih banyak lagi uang. Jika tadi menghemat biayanya selama 6 bulan, maka kali ini menghemat biayanya mencapai setahun dengan uang yang kalian simpan, akan jauh lebih kuat lagi.

# Tingkatan ke 5

Yang mana sudah pada tahapan akhir menabung!!

Yang sudah otomatis pada tahapan ini memberikan adanya sebuah penawaran mengenai ke fleksibelan walau, nantinya menabung selama setahun di level 4 mampu untuk melindungi diri kalian dari adanya sebuah keadaan darurat yang tidaklah nampak dan pada tabungan di 2 tahun barulah mampu untuk memberikan sebuah keleluasaan untuk menjalani hidup yang memang kalian inginkan.

# Tingkatan ke 6

Yang mana ini masuk pada tahap kemandirian finansial

Yang namanya mandiri, sudah pasti mengenai diri kalian yang sanggup dalam memenuhi kebutuhan kalian bukan ?… nah, dalam hal ini saat kalian dinyatakan sanggup dalam memiliki adanya sejumlah uang untuk kalian benar-beanr bertahan dalam kategori seumur hidup. Dan disini si Grant Sabatier memberikan 2 cara mudah yang bisa kalian ikuti untuk bisa mencapai kemandirian finansial itu sendiri :

  1. Kalian mampu menabung yang mana lebihlah dari 1juta dolar yang kemudian hidup kalian di bantu dari adanya bunga investasi yang hadir selamanya.
  2. Kalian mampu untuk melakukan sebuah investasi pada sebuah aset penghasilan yang mana investasinya itu berupa : Properti yang mampu untuk membayarkan adanya jumlah uang dengan cara yang konsisten.

# Tingkatan ke 7

Yang mana ini adalah bagian akhirnya. Dimana, kekayaan berlimpah bisa didapati!!

Yang namanya kaya, sudah apsti banyak duit dan banyak usaha bukan?.. usahanya apa saja ? itu tergantung pintar-pintarnya kalian dalam memilih jenis usaha yang masuk pada pashionnya kalian sendiri-sendiri.

Kekayaan melimpah menjadi bukti kalian memiliki lebih banyak uang yang memang kalian perlukan dan juga bisa mulai untuk menuliskan adanya sebuah warisan yang ingin kalian  tinggalkan bagi anak cucu kalian nantinya. Baik itu semua dalam bentukan sumbangan amal , maupun bentuk abungan kuliah bgai anak-anak kalian nantinya. Disini, kalian bisa menggunakan kekayaan tersebut untuk bisa menetapkan adanya sebuah fondasi yang kuat untuk generasi mendatang.

Proses yang bisa kalian dapat untuk mencapai ke tingkatan 7 ini, bukan terjadi layaknya dongen pembuatan candi yang terjadi hanya semalaman saja. Akan tetapi, semuanya melalui proses yang begitu panjang untuk menjamin kemakmuran finansial pada hidup kalian sendiri.

Yang mana semuanya berasal pada awalan tingkatan kalian yang mengharuskan kalian untuk :

  • Memulai kerja di mana ?
  • Lalu, tinggalnya sendiri dimana ?
  • Sampai, transportsi apa yang benar-benar kalian butuhkan ?.. yang semua hal ini akan saling terkait dan akan saling meningkat saja.

Ada banyak startegi sebenarnya untuk bisa mencapai adanya kebebasan dari finansial itu sendiri. Dimana dari masing-masing kalian ini memiliki sebuah kekurangan maupun kelebihan sendiri-sendiri. Agar mampu mencapai hal tersebut, kalian bisa membantu nantinya dalam memiliki sebuah rencana serta anggaran keuangan kalian agar tetap jalan.

Dengan begini, kalian nantinya akan jauh lebih aware dan lebih tahu jalan masuk serta keluarnya si uang ini untuk keperluan apa saja nantinya.