9 Posts

Banyak sudah beberapa pertanyaan  yang sering muncul di kepala kalian semua jika benar-benar membahas adanya finansial fredom atau yang dinamai dengan kebebasan finansial. Yang mana, kebanyakan pengertian dari kebebasan finansial ini yang mengartikan langsung kita sudah bebas dari maslah utang dan diaktakan stabil dalam segi finansialnya. Selain pendapat ini, ada juga yang memberikan sebuah pendapat bahwasannya kebebasan finansial ini sendiri kalian sudah memiliki adanya tabungan dalam bentuk apapun itu, terutama sekali simpanan tabungan dalam bentuk investasi.

Memang kita tahu juga, bahwa teori dari kebebasan finansial ini sendiri hanyalah sebuah teori yang amat bagus ataupun hanya menjadi impian semata dari orang-orang yang tahu akan kebebasan finansial itu sendiri. Yang perlu diingat adalah kebebasan finansial ini bukan suatu strategi agar bisa mencapai adanya KEKAYAAN DENGAN CEPAT!!. Malah, kebebasan finansial ini adalah kebalikannya dari penuh tanggung jawab atas kendali penuh masalah keuangan dari hasil kerja keras yang telah kita buat.

Menikmati kebebasan finansial

Diambil dari kisah Grant Sabatier yang merupakan seorang Miliarder yang sekaligus adalah penulis dari buku finansial freedom yang sudah mengetahui adanya keperluan untuk bisa mencapai kebebasan finansial ini sendiri. Dan dalam jangka waktu 5 tahun saja, dirinya lulusan dari perguruan tinggi yang dulunya hidup susah dan berjuang bersama dengan orang tuanya bisa untuk meningkatkan adanya kekayaan bersih dengan mencapai keberhasilan diatas US$1 JUTA.

Tahapan Sukses pada Penerapan Kebebasan Finansial

# Tingkatan ke 1

Yang mana ini adalah sebuah kejelasan!!

Yang dimaksud kejelasan itu sendiri ialah harus benar-benar bisa mencari tahu tentang dimanakah posisi kalian disaat sebelumnya kalian benar-benar bisa mencapai adanya posisi yang kalian inginkan. Mampu mengabaikan adanya tagihan kartu kredit ataupun semua hal yang membuat menumpuk dan bisa menambah segalanya jadi bermasalah.

Dimulai dari adanya hal-hal yang terlihat sederhana yakni dengan kalian melacak sebuah pengeluaran dan juga pendapatan dimana kalian ini mencaritahu adanya dimana kalian mampu untuk mengurangi berbagai pengeluaran yang memang tidak penting untuk kalian gunakan.

# Tingkatan ke 2

Yang mana ini adalah sebuah Swasembada!!

Masuk ke Swasembada , yang merupakan segala jenis kebebasan itu berasalkan dari Swasembada. Disini dalam artian memang benar-benar mampu di dalam menyediakan adanya kebutuhan pada diri sendiri. Pada dasarnya, kita haruslah bisa untuk mencukupi kebutuhan sendiri dan juga mampu untuk mendapatkan secukupnya mengenai uang. Sehingga, pada akhirnya bisa untuk hidup kalian sendiri. Termasuk di dalam membayar masalah kebutuhan pokok yakni masalah Makanan maupun masalah Transportasi.

# Tingkatan ke 3

Yang mana ini masuknya pada Breathing Room!!

Jika sudah paham pada tingkatan ke 1 dan ke 2, maka masuk ke tahap 3. Yang dimana disebut oleh Grant Sabatier sebagai ruangan yang bernafas. Dari sinilah, kalian dinilai mampu untuk bisa yang namanya menghemat adanya biaya hidup selama 6 bulan lamanya dan mampu memiliki sebuah ruang untuk bisa bernafas. Yang mana. Dalam keadaan darurat ini dapat teratasi. Menurut sebuah survei indeks yang mana keamanan finansial 2018 yang dimiliki oleh Bankrate sendiri terdirid ari 39% responden yang dikatakan mampu didalam menangani adanya keadaan darurat dengan nilai tidaklah terduga hingga US$ 1,000.

# Tingkatan ke 4

Yang dimana ini masuknya ke Stabilitas!!

Yang namanya stabilitas tentu saja dong harus dimiliki oleh semua orang di dalam menjamin adanya kebebasan finansial bukan ?…dari sini kalian bisa untuk menabung yang cukuplah banyak dalam mencukupi adanya biaya darurat. Yang mana, disini kalian harus bisa menghemat lebih banyak lagi uang. Jika tadi menghemat biayanya selama 6 bulan, maka kali ini menghemat biayanya mencapai setahun dengan uang yang kalian simpan, akan jauh lebih kuat lagi.

# Tingkatan ke 5

Yang mana sudah pada tahapan akhir menabung!!

Yang sudah otomatis pada tahapan ini memberikan adanya sebuah penawaran mengenai ke fleksibelan walau, nantinya menabung selama setahun di level 4 mampu untuk melindungi diri kalian dari adanya sebuah keadaan darurat yang tidaklah nampak dan pada tabungan di 2 tahun barulah mampu untuk memberikan sebuah keleluasaan untuk menjalani hidup yang memang kalian inginkan.

# Tingkatan ke 6

Yang mana ini masuk pada tahap kemandirian finansial

Yang namanya mandiri, sudah pasti mengenai diri kalian yang sanggup dalam memenuhi kebutuhan kalian bukan ?… nah, dalam hal ini saat kalian dinyatakan sanggup dalam memiliki adanya sejumlah uang untuk kalian benar-beanr bertahan dalam kategori seumur hidup. Dan disini si Grant Sabatier memberikan 2 cara mudah yang bisa kalian ikuti untuk bisa mencapai kemandirian finansial itu sendiri :

  1. Kalian mampu menabung yang mana lebihlah dari 1juta dolar yang kemudian hidup kalian di bantu dari adanya bunga investasi yang hadir selamanya.
  2. Kalian mampu untuk melakukan sebuah investasi pada sebuah aset penghasilan yang mana investasinya itu berupa : Properti yang mampu untuk membayarkan adanya jumlah uang dengan cara yang konsisten.

# Tingkatan ke 7

Yang mana ini adalah bagian akhirnya. Dimana, kekayaan berlimpah bisa didapati!!

Yang namanya kaya, sudah apsti banyak duit dan banyak usaha bukan?.. usahanya apa saja ? itu tergantung pintar-pintarnya kalian dalam memilih jenis usaha yang masuk pada pashionnya kalian sendiri-sendiri.

Kekayaan melimpah menjadi bukti kalian memiliki lebih banyak uang yang memang kalian perlukan dan juga bisa mulai untuk menuliskan adanya sebuah warisan yang ingin kalian  tinggalkan bagi anak cucu kalian nantinya. Baik itu semua dalam bentukan sumbangan amal , maupun bentuk abungan kuliah bgai anak-anak kalian nantinya. Disini, kalian bisa menggunakan kekayaan tersebut untuk bisa menetapkan adanya sebuah fondasi yang kuat untuk generasi mendatang.

Proses yang bisa kalian dapat untuk mencapai ke tingkatan 7 ini, bukan terjadi layaknya dongen pembuatan candi yang terjadi hanya semalaman saja. Akan tetapi, semuanya melalui proses yang begitu panjang untuk menjamin kemakmuran finansial pada hidup kalian sendiri.

Yang mana semuanya berasal pada awalan tingkatan kalian yang mengharuskan kalian untuk :

  • Memulai kerja di mana ?
  • Lalu, tinggalnya sendiri dimana ?
  • Sampai, transportsi apa yang benar-benar kalian butuhkan ?.. yang semua hal ini akan saling terkait dan akan saling meningkat saja.

Ada banyak startegi sebenarnya untuk bisa mencapai adanya kebebasan dari finansial itu sendiri. Dimana dari masing-masing kalian ini memiliki sebuah kekurangan maupun kelebihan sendiri-sendiri. Agar mampu mencapai hal tersebut, kalian bisa membantu nantinya dalam memiliki sebuah rencana serta anggaran keuangan kalian agar tetap jalan.

Dengan begini, kalian nantinya akan jauh lebih aware dan lebih tahu jalan masuk serta keluarnya si uang ini untuk keperluan apa saja nantinya.

Apa itu kebebasan finansial?

Apa yang tergambar dibenak Kamu bila mengikuti kata-kata ini? bisa jadi hidup enak, dapat melaksanakan apapun yang Kamu ingin serta penuhi keinginan serta kemauan tanpa wajib bekerja serupa sekali ataupun terdapat yang beranggapan hidup dengan ayun- ayun kaki kaki tetapi seluruh keinginan serta kemauan bisa terkabul tanpa wajib takut permasalahan finansial.

Tetapi bisakah kamu memikirkan bila banyak orang mencapai independensi keuangan semacam itu? Mahatma Gandhi mengatakan perihal semacam ini bagaikan salah satu kesalahan besar ialah kekayaan tanpa bertugas( wealth without work), Rasul Muhammad hingga menciumi tangan orang yang bertugas buat penuhi keinginan hidupnya sendiri serta menjanjikan tangan yang dipergunakan buat bertugas keras dengan metode halal tidak hendak dijamah api neraka. Pointnya merupakan amat berarti serta berdampingan antara independensi keuangan serta bertugas keras.

Dari bagian ekonomi, bila banyak orang hadapi independensi keuangan tanpa bertugas, bila jumlahnya penting, hingga dapat pengaruhi perkembangan ekonomi. Dimana tingkatan perkembangan ekonomi hendak turun sebab produktifitas pangkal energi orang yang tidak bertugas itu, serta lama kelamaan bila ditambahkan sebagian aspek yang lain hingga dapat jadi pemicu dari darurat ekonomi. Ilustrasinya merupakan yunani yang pada tahun 2012 kemarin hingga dengan dikala ini sedang hadapi darurat, sebab banyak orang di yunani memuja style hidup bebas serta disatu bagian negeri menanggung bobot yang amat besar buat menghidupi rakyatnya sendiri.

Penafsiran independensi keuangan bagi aku sendiri merupakan terbebas dari permasalahan finansial bagus dikala ini serta pada waktu yang hendak tiba dengan senantiasa membuat diri kita sendiri senantiasa bertugas serta senantiasa jadi produktif.

Kita dapat melaksanakan profesi apapun yang kita senang tanpa wajib takut mengenai berapa besar pemasukan yang dapat aku dapat dari profesi ini serta merasa takut apakah dapat buat memenuhi keinginan, bagus keinginan dikala ini ataupun keinginan pada waktu depan. Kita dapat melaksanakan profesi apapun yang kita gemari dengan tidak dibawah titik berat siapapun, tanpa wajib takut wajib di PHK, dsbnya

Pengertian Finansial

Ditinjau dari ujung penglihatan ilmu finansial, membahas keuangan berarti kalian hendak mangulas gimana menekuni situasi finansial orang, bidang usaha, ataupun badan. Mulai dari mengatur, tingkatkan, memberdayakan pangkal anggaran, mengalokasi anggaran cocok pos, sampai membuat kalkulasi resiko serta peluang di era depan.

Keuangan pula bisa ditatap dari pandangan administrasi. Dalam kondisi ini, keuangan merupakan gimana menata duit masuk serta pergi dalam sesuatu upaya ataupun badan. Hingga, kalian hendak menciptakan sebutan manajemen keuangan, ialah serangkaian kegiatan industri, dimulai dengan metode memperoleh anggaran, memakai anggaran, serta mengatur finansial industri dengan cara global.

Sesuatu situasi keuangan dibilang bagus bila terdapat sistem manajemen yang tertib serta dapat dipertanggungjawabkan pada pihak- pihak terpaut. Seluruh pandangan terpaut manajemennya berjalan maksimal, alhasil independensi keuangan bisa berhasil. Independensi keuangan berarti orang, bidang usaha, ataupun badan terbebas dari pinjaman, memiliki pangkal pemasukan senantiasa, serta persediaan yang bisa digunakan buat keinginan tidak tersangka.

Gimana tahap buat menggapai independensi finansial?

Buat bisa menggapai langkah independensi keuangan, hingga kamu wajib melaksanakan suatu kegiatan semacam saving serta investing semacam uaraian selanjutnya:

Saving& investing= Consumption: Yakni situasi sempurna dimana anggaran dana& pemodalan yang terletak dalam jumlah balance dengan pengeluaran, maksudnya income yang diperoleh cuma 50% dari yang kamu maanfaatkan buat mengkonsumsi, sebaliknya lebihnya buat dana serta pemodalan. Umumnya pola ini sesuai untuk anak belia yang belum menikah, dimana peranan( liability) atau pinjaman belum terdapat. Supaya bisa mencapainya kamu memanglah wajib bertugas dengan pintar, begitu juga duit yang kamu miliki dari hasil kegiatan keras serta buat menciptakan passive income.

Saving& investing= Consumption- Debt: Pola dana serta pemodalan lebih sedikit disebabkan terdapatnya peranan hutang( debt), pada situasi ini memanglah dibawah sempurna tetapi sedang alami. Umumnya langkah ini terjalin untuk mereka yang telah berkeluarga. Perkembangan era serta pabrik finansial, mendesak tumbuhnya instrumen hutang, perihal ini menimbulkan energi konsumsi serta usaha buat memperoleh hutangpun jadi lebih gampang. Era saat ini terus menjadi banyak ditemui banyak orang yang menkonsumsi berplatform hutang, semacam kartu angsuran, KTA ataupun angsuran tanpa jaminan dan lain- lain. Oleh sebab itu, bila kamu cuma melindungi penyeimbang antara saving, invesment& consumption saja aku rasa belumlah lumayan, tetapi wajib ditambah dengan mendalami supaya kita bisa terbebas dari hutang. Hutang bisa dibilang bagaikan pembunuh independensi pokok kamu. Bila kamu mau suatu independensi keuangan? Perihal yang sangat awal, kamu wajib pergi dari hutang. Itu merupakan prioritas no satu.

Saving& investing= Consumption- Debt+ Protection: Pada pola ini ialah yang sangat bijaksana untuk mereka yang sudah berkeluarga serta mempunyai anak, walaupun dana serta pemodalan tidak sebesar pada langkah tadinya, tetapi faktornya merupakan peruntukan anggaran buat perlindungan( manajemen efek) umumnya dalam wujud bonus asuransi. Searah dengan kemajuan pabrik asuransi serta kenaikan anggaran pembelajaran telah pasti pengaruhi independensi keuangan kamu. Sebab kita wajib penuhi faktor perlindungan buat diri sendiri ataupun keluarga dalam wujud asuransi ataupun pemodalan anggaran pembelajaran.

Ada sebagian jenjang saat sebelum kamu menggapai independensi financial, selanjutnya ialah:

Financial Protection: Suatu situasi finansial dimana kita memiliki lumayan duit buat penuhi pengeluaran bulanan, buat 2 bulan hingga 24 bulan tanpa wajib bertugas.

Financial Vitality: Suatu situasi finansial dimana kita menggapai pemodalan yang lumayan banyak serta relatif nyaman, alhasil hasilnya tidak cuma memenuhi keinginan pada tingkatan financial Security, melainkan dapat memenuhi keinginan inferior tanpa wajib bertugas, melainkan apabila kita memilah buat bertugas.

Financial Security: Suatu situasi finansial dimana kita memiliki pemodalan lumayan banyak serta relatif nyaman, serta hasilnya bisa memenuhi keinginan diatas minimal tanpa wajib bertugas lagi, melainkan apabila kita memilah buat bertugas.

Financial Independence: Ialah sesuatu situasi finansial dimana kita menggapai pemodalan yang lumayan banyak serta relatif nyaman, alhasil hasilnya memenuhi keinginan kita buat hidup. Benar dengan style hidup kita yang saat ini. Dengan tutur lain kita leluasa buat tidak bertugas.

Financial Freedom: Ialah sesuatu situasi finansial dimana kita sudah menggapai pemodalan yang lumayan banyak serta relatif nyaman, alhasil hasilnya betul- betul bisa memenuhi keinginan kita dalam menempuh dengan style hidup yang kita mau( lebih bagus dari style hidup saat ini).

Sehabis membaca penjelasan diatas, dikala ini kamu telah terletak pada jenjang yang mana? Aspek terutama yang lain dalam menggapai sesuatu independensi keuangan, kamu amat didetetapkan oleh style hidup kamu pada dikala ini, besok serta era depan. Beberapa orang lebih senang hidup simpel, serta hendak senantiasa mau hidup semacam itu, hingga jenis semacam ini hendak menggapai tingkatan independensi finansial lebih kilat dari pada mereka yang mempunyai pola hidup elegan. Serta pada kesimpulannya, independensi keuangan merupakan mengenai pengawasan pengeluaran kepada diri kita sendiri. Independensi keuangan merupakan suatu opsi bukan bertepatan.

Kebebasan berfinansial selalu menjadi impian atau dambaan bagi setiap orang yang ada di dunia ini. ya ini si memang sudah pasti dan sangat umum dinginkan bagi stiap orang yang ada. Simpelnya saja bebas finansial dengancara hidup yang mapan, tenang dan juga tidak was-was soal kebutuhan hidup. Ya intinya ketika kalian mencapai situasi seperti ini, ya kalian sudah sejahtera aja pokoknya hehe.

Susah menyingkirkan kata-kata “ Kanker “ alias kantong kering. Disaat tanggal tua hal ini masih menjadi salah satu keluhan yang dialami oleh setiap orang pada umumnya. Dan setelah diperkirakan ternyata masalahnya ada pada kaum milineal yang memiliki kriteria seperti yang nantinya kita jelaskan pada artikel di bawah ini.

Tidak Mengerti Mengapa HARUS BEBAS FINANSIAL ?

Point pertama yang menjadi rancu adalah hal ini. intinya, diri sendiri merasa tidak mengerti kenapa dirinya harus merasakan bebas finansial. Mereka yang memiliki mindset seperti ini sangat cenderung “Entar-entaran” , “ Nanti-nanti aja”, “ belakangan deh”, dalam hal yang menyangkut investasi. Padahal hal ini di ibaratkan jika kalian gak ada duit di bulan ini, maka karena adanya Investasi akan aman di bulan depan.

Orang-orang yang seperti inilah yang akan memiliki sikap dengan menghalalkan sikap Konsumtif. Padahal, hal ini sudah sangat jelas membuat kalian semua akan jauh dari yang namanya kebebasan finansial yang ada.

Salah Penafsiran Atau Mengartikan Kebebasan Finansial

Tidak sedikit , sebagian orang yang memiliki beranggapan kalau orang yang sudah bebas finansial pasti dari dulu sudah menjadi orang yang kaya atau tajir dari dulu kan ya. Ya minimal sekali , kemungkinan kalian anak dari pemilik usaha, direktur atau sebagainya yang kapasitasnya sebagai orang kaya.

Sebentar sebentar, anaknya ?  apa dengan kalian menjadi anak pemilik dari usaha batu bara sudah benar-benar merdeka menghadapi finansial? Belum tentu guys. Baik kalian jadi anak pemilik usaha atau apapun itu, jika kalian belum merubah pola pikir atau mindset kalian untuk kedepannya lebih makmur maka bel;um ada kata merdeka dalam berfinansial.

Tidak Ingin Mencari Tahu Mengenai Kebebasan Finansial

Sebenarnya orang-orang ini sudah paham dan tahu akan adanya kebebasan finansial, tapi orang-orang ini tidak ingin mencari tahu lebih lanjut soal cara mencapai situasi ini. alhasil pastinya orang-orang ini atau kalian mungkin Cuma bisa bermimpi saja akan adanya kebebasan berfinansial. Ketika nantinya diajak melakukan Investasi, pasti akan ada ucapan “ aduhh, pusing deh sama yang begituan”..” aduhhh, gak cukup waktu”, “ hmm, jujur deh takut raguu nantinya” dan masih banyak lagi.

Ya jangankan investasi, tabungan aja deh, udah pasti kekurang terus menerus tiap bulannya. Bahkan gaya hedon sudah membuat terkuras setiap minggunya. Padahal jika diinestassikan pasti duit kalian orang sudah menggunung tuh dan sekarang sudah bisa menikmati hasil dari Investasi yang kalian taro.

Tidak Memiliki Yang Namanya Komitmen

Kalian sudah tahu akan kebebasan finansial ini, sudah tahu juga bagaimana untuk mencapai kebebasan finansial ini, namun sayangnya orang-orang justru tidak pernah komit akan adanya tujuan untuk mencapai kebebasan finansial. Baru saja kalian membeli sebuah reksadana untuk melakukan investasi gak taunya di bulan depan sudah ditarik karena sudah mau liburan dan membutuhkan duit. Jadi buyar deh semuanya.

Terus kalian baru investasi membeli Emas sekitar 15 gram, niat disimpen dari tahun ketahunnya namun belum ad sebulan saja sudah langsung dijual karena harga emas suadh naik. Ternyata dalam hal ini duitnya dihamburkan demi gaya modern aja. Hadeuh…

Salah Dalam Melakukan Pergaulan

Mencapai kebebasan finansial ini makin mudah terjadi ketika kalian berada di lingkungan yang tepat. Ketika seluruh kerabat atau juga teman mendukung untuk melakukan Investasi dan juga nabung serta sering cerewet saat menghamburkan uang untuk keperluan yang tidak-tidak saja. Justru inilah respon positif yang harusnya kalian terima dengan baik untuk kedepannya.

Coba bayangkan ketika kalian tinggal dilingkungan yang benar-benar hidupnya konsumtif “ aduhh… Ancur guys harapn kalian kedepannya. Makin jauh deh tuh sama kata-kata bebas berfinansial. Jadi saran mimin kalian harus pintar-pintar dalam memilih teman ya guys.

Setelah sebelumnya kita telah bahas mengenai kunci kebebasan yang dimuat oleh sang ahlin berfinalsial Robert Kiyisaki. Saat ini, kita akan berikan sedikit langkah simpel yang bisa membantu kalian dalam mencapai kebebasan berfinansial di masa depan nanti. Banyak sekali orang-orang mengatakan bahwa uang bukanlah segalanya di hidup namun, sangat memiliki peran penting dalam kesignifikan hidup.

Kebebasan Finansial


Berlomba-lomba dalam mencapai kebebasan berfinansial ini pun sudah banyak dilakukan oleh sebagain orang yang ada di dunia ini. Begitu juga pastinya dengan kalian yang ingin mendapatkan kebebasan dalam berfinansial ini. sudah dipastikan membutuhkan berbagai macam langkah sederhana yang bisa diterapkan kedalam link alternatif sbobet hidup kalian. Jika kalian belum menemukannya, marilah ikuti langkahnya berikut ini.

Langkah Simpel Yang Bisa Di Jalankan

• Menghentikan Pengeluaran Yang Tidak Penting

Menggunakan keuangan dengan sesuai kebutuhan merupakan langkah yang bagus untuk mencapai kebebasan berfinansial. Banyak sekali presentase dari beberapa riset yang ada, jika sebagian orang sedang mengalami keadaan baddmod atau juga merasakan kegelisahaanya maka dengan cepat untuk menaikan mood dan juga menghilangkan rasa itu dengan cara mengahbiskan uang secara cepat. Entah dalam bentuk barang atau dalam bentuk makanan. Biasanya mereka juga bisa melakukannya demi menyenangkan orang lain tanpa melihat kebutuhan yang dimiliki sehari-hari seperti apa.

Saran dari kita adalah kalian melakukan yang namanya penghentian pengeluaran untuk hal yang benar-benar tidak penting buat hidup kalian. Misal saja kalian benar-benar mencatat semua pengeluaran kalian selama satu tahun ini dan juga mencatat sejumlah uang yang kalian habiskan selama setahun beserta alasannya.

• Buatlah Anggaran Bulanan

Anggaran bulanan ini biasanya kalian mulai dari sejumlah uang yang kalian miliki bukan dari berapa banyak jumlah pengeluaran yang sudah kalian lakukan. Dengan kalian membuat anggaran ini, setidaknya bisa mengurangi tindakan bodoh kalian dalam menghabiskan uang sehingga kalian sulit dalam mencapai kebebasan berfinansial itu.

Rumusnya adalah : jangan pernah mengeluarkan dana atau uang lebih besar daripada dana atau uang yang nantinya akan kalian tabung untuk masa depan. Atau tidak (sisa biaya pengeluaran) di + ( jumlah uang pemasukan )= total hasil keuangan yang dimiliki. Dimana nantinya setengah dari total itu akan kalian tabungkan.

• Kontrol Kartu Kredit atau Tidak Memakainya

Bagi kalian yang sudah mempunyai kartu kredit ini alahngkah baiknya untuk mengontrol pemakaian kalian terhadap kartu tersebut. Apabila kalian tidak mengontrol pemakaian kalian dengan baik terhadap kartu kredit ini, maka yang terjadi adalah kalian akan membuang banyak uang nantinya.

Saran dari kita dalah lebih baik memakai uang tunai saja atau tidak menggunkan kartu krdit ini sama sekali. Karena nantinya takut kalian akan ketergantungan pada kartu kredit dari sejumlah bang tersebut.

• Tingkatan Jumlah Tabungan Kalian

Jika kalian yang sudah menginginkan pensiun dalam umur 50 tahun keatas, maka sikap yang bisa kalian ambil sejak dini adalah menyimpan tabungan dengan jumlah yang semakin hari semakin meningkat. Mengapa demikian ?hal ini dikarenakan agar nantinya kalian bisa nyaman dengan dana pensiun yang kalian miliki . Maka dari itu kalian harus mengumpulkan tabungan yang cukup dan juga memadai buat di kemudian hari.

Beberapa cara atau praktek yang bisa kalian lakukan dengan cara menabung sekitar 15% hingga 25% dari total uang yang kalian miliki perbulannya.

• Melakukan Pendanaan Dengan Bijaksana

Mekanismenya seperti ini, resiko yang kalian miliki semakin tinggi maka tanggung jawab yang akan kalian miliki pun semakin besar nantinya. Maka dari itu, biasanya suatu investasi terlaksana pasti bergantung pada profil daripada resiko yang akan sedia kalian tanggung dimasa depan. Agar kiranya kalian bisa mendapatkan pemanfaatan yang optimal dari suatu investasi, maka kalian bisa menginvstasikannya kedalam beberapa bentuk.

Contoh penginvestasiannya bisa berupa :

  • Emas
  • Resakdana
  • Saham
  • Obligasi
  • Sukuk
  • Properti
  • Tanah

Dengan kalian benar dan juga mengerti betul dengan penginvestasian ini, dirasa cukup nantinya kalian bersikap bijak saat ingin melakukan pengeluaran uang dalam kehiudpan kalian.

Dengan adanya langkah-langkah ini, kami rasa bisa membuat kalian nantinya bisa mendapatkan yang namanya kbebasan dalam berfinansial serta jauh untuk mendapatkan yang namanya kemiskinan dalam waktu yang mendadak.

Dalam hidup ini kita harus memikirkan yang namanya finansial. Kebebasan finansial ini pasti mimpi bagi setiap orang yang ada di dunia ini. dengan kalian sudah mencapai kebebasan finansial itu, bisa dipastikan tidak akan takut lagi dengan yang namanya krisis finansial yang membuat mereka jadi jatuh miskin. Kebebasan finansial ini bisa dicapai dengan menggunakan pendapatan pasif yang melebihi dari biaya hidup sehari-hari.

Kebebasan Berfinansial

Maka dari itulah, setiap orang selau mencai guru terbaik yang bisa dengan benar dalam mengajarkan kebebasan berfinansial yang baik. Contohnya saja dengan Robert Kiyosaki, dimana buku yang berjudul “ Rich Dad Poor Dad “ mengungkap dari sebagian rahasia dalam mencapai kebebasan berfinansial. Ingin tahu cara mendapatkan kunci kebebasan tersebut ? lihatlah caranya di bawah ini.

Kunci Kebebasan Menurut Robert Kiyosaki

Ambilah Mengenai Tanggung Jawab Penuh

Poin pertama yang di berikan oleh Robert adalah masalah tanggung jawab. Dimana setiap orang harus benar-benar berani dalam bertanggung jawab atas neraca keuangan yang dimiliki sendiri. Jadi, dengan dengan begitu kita bisa mengambil sikap bertanggung jawabatas setiap keputusan pembelian atau juga penjualan yang nantinya berpengaruh terhadap neraca keuangan itu sendiri.

Kontrolah Masalah Pengeluaran

Selanjutnya kalian di tuntut untuk bisa mengontrol yang namanya pengeluaran kalian dalam kehidupan saat ini. Saat ini, megatur pengeluaran hidup yang cukup signifikan tinggi di zaman konsumtif ini bisa dikatakan susah. Setidaknya kalian bisa mempelajari cara mengeni pengurangan kalian dalam melakukan pinjaman yang berupa KTA kepada bank-bank tertentu. Kebiasaan inilah yang nanti juga kan berpengaruh pada neraca keuangan yang kalian miliki.

Buatlah Anggaran Karena Penting

Membuat suatu anggaran keuangan menurut Robert dinilai sangat penting. Karena nantinya, anggaran yang kalian buat ini akan memberikan batasan kalian dalam pengelolaan pendapatan yang kalian miliki serta juga bisa mengontrol biaya pengeluaran yang biasa kalian keluarkan dalam jumlah besar.

Bayarlah Diri Kalian Sendiri

Maksudnya seperti apa ? jadi Robert bermaksud untuk kalian selalu menabung dalam kondisi apapun. Hal ini bertujuan baik, agar nantinya jika kalian membutuhkan uang mendadak di kemudian hari, kalian bisa gunakan tabungan ini tanpoa harus menjual sebagian barang yang kalian punya dan membuat kalian jadi jatuh miskin nantinya.

Hindarilah Dunia Perhutangan

Hutang ini menjadi salah satu beban pikiran bagi setiap orang yang ada di muka bumi ini. dengan hutang bisa dikatakan neraca uang kalian nantinya akan mendapatkan suatu kegagalan. Buatlah komitmen pad hidup kalian dengan menghindari hutang ini. dengan begitu impian kalian pun tidak akan hilang termakan oleh hutang ini.

Menyediakan Dana Darurat

Dana darurat yang dimaksudkan oleh Robert adalah dana dalam 3 bulan kedepan. Ini didasari agar kalian terhindar dari yang namanya hutang jika kalian nanti sewaktu-waktu menimpa kejadian yang mengharuskan kalian mengeluarkan dana dalam jumlah besar. Dengan adanya dana yang kalian simpan ini, pastinya hidup kalian jauh lebih tenang untuk kedepannya. Cara terbaiknya : dengan memisahkan duit tersebut kerekening lain.

Teruslah Belajar

Belajar mengenai ilmu tentang industri keuangan serta mengetahui industri keuangan itu jalan pun bisa membuat kalian mendapatkan pengetahuan lebih dalam mencapai kebebasan finansial itu sendiri. Dengan contoh : pelajari anggaran dalam kebutuhan yang ada pada rumah tangga. Pelajari setiap topiknya, maka kalian akan bsa lebih dalam mengetahui tentang kebebasan berfinansial.

Milikilah Tujuan Keuangan

Yang namanya rancangan keuangan pasti ada tujuannya. Bagaimana caranya ? mudah saja, ikuti alur yang diinginkan. Misalnya saja, jika kalian ingin memiliki bisnis yang memang besar maka mulailah untuk membuat perusahaan itu sendiri. Lalu jika kalian ingin menjadi seorang investor maka kalian haruslah belajar memiliki kesempatan dalam berinvestasi. Dengan begitu tujuan keuangan kalian akan jelas nantinya.

Sederhanakan Yang Namanya Hidup

Dunia ini semakin hari bisa dikatakan semakin rumit adanya. Berbagai macam tuntutan dalam desakan untuk mendapatkan banyak uang pun hampir dimiliki oleh sebagian orang di dunia ini. dengan kalian menyederhanakan hidup kalian dengan pikiran yang open minset ini maka, nantinya kalian akan terhindar dari yang namanya kemiskinan.

Itulah kunci kebebasan menurut Robert Kiyosaki yang bisa langsung kalian terapkan di dalam kehidupan kalian masing-masing. Jangan lupa kalian baca di artikel selanjutnya tentang langkah kalian mendapatkan kebebasan finansial di masa yang akan datang.

Mengelola keuangan untuk zaman sekarang ini sangat amat diperlukan. Memang tidak mudah untuk yang namanya “ Menyimpan Uang atau Menyisihkan Sebagian Uang” pemakaian dibandingkan pemasukan lebih banyak untuk pemakaiannya. Keperluan sehari-hari ditambah dengan keinginan mempunyai barang baru kadang sulit untuk di kontrol dengan baik.

Mata jajan , istilah yang sering dipakai oleh beberapa masyarakat yang artinya ketika kita melihat suatu barang tersebut kita memiliki hasrat untuk membelinya tanpa harus pikir panjang lagi. Namun, nantinya barang tersebut belum tentu kita pakai, bahkan barang tersebut bisa saja kita taruh gudang ataupun kita biarkan berdebu.

Maka dari itu, kita kasih tips bagi kalian sejak dini, agar tidak boros dikemudian hari. Menyisihkan sejak dini lebih bagus bukan?

Perhitungkan Pendapatan Kalian Per-Bulan

Bagi kalian yang sudah bekerja, pasti akan mendapatkan gaji per-bulannya bukan? Jika kalian sudah mendapatkan gaji kalian, maka perhitungkan keperluan yang akan kalian gunakan. Mulai dari pemasukan yang diterima hingga pengeluarannya. Gunakan presentase pada uang yang kalian dapatkan. Misalnya : kalian yang sudah berkeluarga bisa menyisipkan 30 persen untuk tunjangan masak si istri dll, 15 persen untuk listrk, 5 persen untuk uang jajan anak, 25 persen untuk pegangan kalian, dan 25 persen terakhir kalian simpan.

Membayangkan Diri Kalian Di Kemudian Hari

Mungkin saat ini pola pikir kalian masih mengacu pada hal “ tenang aja, masih kerja ini masih dapet uang” atau “ pake dulu aja deh buat beli ini, urusan cicilan bisa masuk pake uang gajian bulan depan” hal seperti ini yang membuat kita menjadi orang yang boros. Coba kalian pikirkan jika kalian sudah tua nanti, apakah kalian masih sanggup untuk bekerja? Apakah perusahaan masih membutuhkan orang-orang yang sudah berusia lanjut? Nah, jika kalian tidak menginginkan hal seperti itu, setidaknya sejak dini kalian sudah bisa membekali tabungan pensiun aja sejak dini.

Sisihkan Sebagian Uang Untuk Usaha

Kalian bisa melakukan hal ini. Ini juga merupakan salah satu cara ampuh yang mungkin sudah banyak digunakan oleh sebagian orang. Dengan kalian membuka suatu usaha, maka pengelolaan uang kalian semakin lancar untuk ditabung di agen sbobet nantinya.

Menginvestasikan Uang Yang Di Punya

Bagi kalian yang tidak bisa menabung dengan baik, kalian bisa mencoba menginvestasikan uang kalian kebeberapa investor yang ada. Jangan hanya 1 investor saja, karna akan beresiko nantinya bagi dana kalian yang sudah disetorkan. Misalnya : dikarenakan faktor keamanan baik dari alam (gempa bumi,tsunami,dll) ataupun memang dari manusia itu sendiri serta faktor ketertiban.

Jika kalian menginvestasikan sejumlah dana kalian ke berbagai investor yang ada, maka resiko seperti itu akan sedikit terobati karena masih ada tabungan dari hasil investasi kepada investor yang lainnya. Investasi atau juga penanaman sejumlah modal ini juga mendapatkan untung yang lumayan.

Selalu Menyimpan Uang Kembalian

Jangan terlalu menganggap enteng dengan masalah uang kembalian ini loh. Masih ingat kata pepatah ?menyimpan uang sedikit dan secara bertahap akan menjadibukit dikemudian kelak. Dengan menyimpan uang sisa kembalian dari warung, restoran, tempat belanjaan, parkir, supermarket, minimarket atau sekedar jajan di pinggir jalan jika dikumpulkan terus menerus maka akan terkumpul banyak untuk simpanan kalian nantinya loh.

Jangan Menggunakan Kartu Kredit

Bagi kalian yang ingin punya simpanan di kemudian hari, sangat dianjurkan sekali tidak menggunakan kartu kredit ini, karena mengapa? Jika kalian tidak bisa melunasi pemakaian kartu kredit anda perbulan, maka akan dikenakan tagihan beserta bunganya yang nantinya akan menguras uang kalian yang ingin kalian kumpulkan.

Mengatur atau mengelola keuangan dalam perhitungan pemasukan ataupun pengeluarannya ini pun sangat penting. Karena, keduanya harus sama seimbang tidak boleh ada yang berat sebelah. Sebab itu, kalian juga harus tau detail mengenai pengeluaran kalian dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kita kasih tahu ke kalian semua, sberapa pentingnya memiliki tabungan di hari tua nanti. Selamat mencoba ya guys…!

Berpenghasilan dengan jumlah yang kecil maupun jumlahnya besar, sudah sebagai kodratnya manusia pasti saja selalu tidak mencukupi. Itu sebab kalian belum mengerti caranya mengatur keuangan dengan baik di kehidupan kalian sehari-hari. Orang yang kaya sekalipun akan mengalami masalah dalam hal keuangan jika tidak tahu cara mengatur uang tersebut dengan baik dan juga benar.

Pengelolaan keuangan merupakan kunci paling utama dalam mencapai suatu kemakmuran. Apalagi sekarang perkembangan zaman sudah sangat pesat, perekonomian pun kadang stabil kadang tidak. Kitapun harus lebih pintar mengurus keuangan dengan baik, agar tidak terlilit hutang.

Mencatat Keuangan Yang Dimiliki

Sudahkah kalian mencoba metode ini? Dimana kalian hampir setiap bulan mencatat keuangan yang saat itu kalian pegang atau kalian miliki. Jika anda belum pernah, maka cobalah mulai sekarang mencatat keuangan kalian sendiri. Jika kalian karyawan dan punya juga usaha lainnya kalin boleh membuat daftar seperti :

1. Gaji 1bulan menjadi karyawan : 4.000.000
2.Bonus disiplin karyawan : 150.000
3.Uang bensin : 500. 000
4.Usaha sampingan perbulan : 2.700.000
Total : 7.350.000

Nah dari sini kalian bisa membagi hasil yang kalian dapat perbulannya untuk keperluan sehar-hari. Atau tidak bisa sebagiannya di tabung sekitar 435% nanti sisanya 75% lagi dipakai untuk biaya sehari-hari atau memang untuk keperluan tertentu.

Membuat Tujuan Anggaran Keuangan

Banyak orang mengabaikan cara ini, yang pada akhirnya kalian mengetahui kalau kalian itu boros saat melihat rekening kalian di akhirn bulan. Mengapa anggaran ini dibuat? Anggaran bisa dibilang menjadi langkah utama untuk menyimpan uang dengan baik agar terkumpul dan tidak boros.
Anggaran itu sendiri bertujuan untuk :

•Agar tidak terlilit dengan hutang piutang
•Agar terhindar dari biaya yang tak terduga atau mendesak
•Agar tahu, apakah kondisi keuangan kita ini sangat baik atau justru sedang mengalami krisis.
•Dapat mengukur keuangan ini bagus atau tidak dikeluarkan saat ini.

Menabungkan Uang Kertas Terkecil ataupun Koin

Saat ini, coba kalian cek dompet kalian masing-masing, jika terdapat uang kertas dengan nominal angka terkecil ataupun terdapat koin, maka tabungkan duit tersebut. Kalau bisa, jadwalkan kapan kalian ingin menabungkan duit tersebut. Setelahnya taruhlah temat kalian menabung itu di tempat yang jarang sekali orang lain ketahui, dan tutup rapat baik-baik tabungan kalian. Mulailah hal itu dilakukan ketika kalian sudah pulang dari kerja ataupun habis melakukan kegiatan lainnya yang memungkinkan kalian memiliki uang receh tersebut.

Mengumpulkan Uang Mengikuti Alur Kalender

Cara satu ini merupakan cara yang unik, karna disini kalian mengumpulkan uang dengan mengikuti ritme pertanggalan yang ada. Jika anda memulainya dari tanggal 1 maka kalian cukup menabung 1.000 saja pada tanggal itu, lalu di tanggal 2 kalian cukup menabung di angka 2.000, ditanggal 3 kalian cukup menabung 3.000 saja sampai….nanti tanggal 30/31 berarti kalian harus menabung kisarran 30 ribu ataupun 31 ribu. Jika kalian menggunakan alur yang sebaliknya maka di tanggal 30 kalian menabung 30 ribu, ditanggal 29 kalian menabung 29 ribu, ditanggal 28 kalian menabung 28 ribu begitu seterusnya. Nah, dengan metode seperti ini, kalian menjadi seorang penabung teratur bukan? Dan sudah dipastikan jika tabungannya tidak kalian bongkar, pasti sudah terkumpul cukup banyak nantinya.

Mencoba Menabung Stabil Di Angka 20 Ribu Rupiah

Ini merupakan cara dari seorang motivator terkenal yaitu “ Ippho Santoso” seorang penulis buku mega best seller “ 7 Keajaiban Rezeki “. Cara ini merupakan cara untuk membuat pengulangan pikiran kita terhadap keuangan. Untuk diawal mas Ippho sendiri menyarankan untuk mencari celengan yang tidak mudah untuk dibuka dan diusahakan untuk transfaran. Mengapa sedemikian? Dikarenakan agar kalian bisa melihat bahwa uang yang terkumpul sudah banyak. Inti dari cara menabung ini ialah, ketika anda mendapatkan uang kembalian 20 ribu dalam beberapa lembar entah satu,dua bahkan lebih. Maka, jumlah tersebutlah yang akan kalian tabungkan.

Seperti yang dikutip oelh seorang motivator Jack Ma
Jangan menyerah. mungkin hari ini sulit, besok akan lebih buruk, tetapi lusa akan menjadi sinar matahari” begitu pula dengan kalian, jangan menyerah untuk mencoba menabung, mungkin dihari-hari atau bulan pertama akan sulit , tapi nanti diakhirnya kalian tinggal menikmati hasil dari kalian menabung itu sendiri.
Semangat untuk kalian yang ingin mencoba menabung sejak dini yahhh..

Tanpa disadari, apabila Anda selalu menyimpan uang receh hasil kembalian belanja di dalam satu tempat, lama kelamaan uang receh tersebut akan terkumpul dengan banyak.
(Source: www.pexels.com)

Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa untuk menabung sedari kecil, mencoba untuk menabung untuk pertama kali terkadang tidaklah mudah. Bahkan, ada saja yang baru mencoba tetapi langsung gagal karena masih belum terbiasa. Belum lagi ada saja pengeluaran yang mengharuskan Anda untuk mengambil uang tabungan.

Kehidupan merupakan sesuatu yang tidak pasti. Akan ada saja hal-hal yang membutuhkan perhatian Anda sehingga Anda harus mengeluarkan seluruh uang yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Maka dari itu, seseorang harus menabung demi memenuhi kebutuhan di lain hari. Tujuan inilah yang memotivasi orang untuk menabung. Akan tetapi, ternyata menabung tidaklah sekadar menabung. Ternyata, Anda perlu memiliki sebuah rencana agar kegiatan menabung Anda lancar. Selain itu, Anda juga akan belajar bagaimana mengatur pengeluaran dan pemasukan uang yang lebih efektif.

Menabung uang memang dapat membantu Anda di kemudian hari ketika Anda membutuhkan uang untuk membayar sesuatu dalam keadaan genting. Namun, kegiatan menabung juga dapat dikatakan sebagai sebuah terapi. Apabila Anda terbiasa untuk menghamburkan uang dalam skala besar, maka melakukan kegiatan menabung adalah sebuah terapi yang dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi kebiasaan tersebut.

Ingin tahu bagaimana cara yang tepat untuk menabung uang sehingga uang akan terkumpul dengan cepat? Simak tulisan berikut.

Baca Juga : Pengelolaan Uang Di Usia Dini

Sembunyikan Tabungan

Cara ini sangatlah mudah untuk membuat uang yang Anda tabung meningkat semakin banyak. Ketika Anda menaruh uang dalam tabungan, segera sembunyikan tabungan tersebut di tempat yang sekiranya akan sulit Anda jangkau. Apabila terjangkau, Anda harus cari tempat sembunyi yang membuat Anda harus melewati suatu medan sehingga Anda tidak akan secara cepat menuju tempat tersembunyi tersebut.

Apabila cara tersebut dirasa kurang efektif karena Anda masih tahu tempat Anda menyembunyikan tabungan, cara lain adalah dengan meminta bantuan orang lain. Cara pertama, ketika Anda telah memasukkan uang ke dalam tabungan, Anda minta orang lain untuk sembunyikan tabungan tersebut ke tempat yang hanya diketahuinya. Cara kedua, Anda bisa titipkan uang yang ingin Anda tabung ke orang terpercaya dan biarkan dia menaruh uang tersebut dalam tabungan Anda. Dengan kedua cara ini, sudah dapat dipastikan Anda akan menabung lebih efektif.

Sistem Tabungan Otomatis

Bagi sebagian orang, sistem menabung seperti ini mungkin masih sangat asing dan tidak terdengar familiar. Atau apabila tahu mengenai sistem tersebut, mereka masih belum paham cara melakukannya seperti apa.

Sebagai permulaan, Anda harus memiliki rekening bank terlebih dahulu. Sebab, akhir-akhir ini beberapa bank di Indonesia telah memiliki fitur tabungan otomatis. Selanjutnya setelah Anda mengaktifkan fitur tersebut, kini setiap kali Anda menerima gaji maka gaji tersebut akan secara otomatis masuk ke dalam tabungan yang sudah dikhususkan sebagai tabungan.

Cara ini sangatlah efektif bagi Anda yang sering sekali ada keinginan untuk langsung menghabiskan gaji ketika uang sudah di tangan. Sistem tabungan otomatis juga akan membuat Anda lebih disiplin menabung. Sebab, Anda tidak dapat mengambil uang setiap hari. Bahkan, terkadang ada beberapa bank yang memiliki kebijakan bahwa uang hanya dapat diambil selama setahun sekali.

Simpan Recehan

Cara ini sangatlah unik. Terkadang, ketika kita mendapatkan kembalian uang receh sehabis berbelanja, kita tidak terlalu memikirkan uang tersebut. Tidak hanya terlalu rumit dan akan memakan banyak tempat di dalam dompet, tetapi juga karena uang koin jarang sekali digunakan untuk berbelanja.

Padahal, tidak mengabaikan uang receh akan sangat membantu Anda dalam proses menabung, loh! Tanpa disadari, apabila Anda selalu menyimpan uang receh hasil kembalian belanja di dalam satu tempat, lama kelamaan uang receh tersebut akan terkumpul dengan banyak. Sehingga ketika Anda hitung kembali, Anda akan dibuat kaget dengan berapa banyak jumlah yang dihasilkan dari sekumpulan uang receh tersebut.

Manfaatkan Aplikasi Menabung

Kini sudah banyak sekali tersedia aplikasi yang dapat membantu Anda secara finansial. Tidak hanya untuk mencatat berapa jumlah pengeluaran dan pemasukan harian Anda, tetapi juga aplikasi yang berfungsi sebagai catatan tabungan.

Setiap kali Anda menabung, Anda dapat mencatat berapa jumlah yang Anda masukkan ke dalam tabungan. Dengan begitu, apabila Anda lakukan setiap hari, lama kelamaan hal tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan. Bahkan apabila sudah terbiasa, Anda akan merasa aneh apabila terdapat satu atau dua hari dimana Anda tidak membuka aplikasi tersebut untuk mencatat tabungan Anda.

Meskipun sangat mudah dan tidak rumit, tetapi beberapa cara di atas sudah terbukti mampu membantu Anda menabung lebih cepat. Maka dari itu, mulailah menabung dari sekarang. Sebab, tidak ada kata terlambat untuk menabung demi hari esok.

Mencatat anggaran keuangan merupakan salah satu cara menstabilkan finansial Anda

Siapa yang tidak menginginkan kondisi keuangan yang stabil, kehidupan uang terjamin saat usia sudah menua, memiliki masa depan yang cerah, dan sebagainya? Sudah pasti semua orang berharap hal itu terjadi pada kondisi finansialnya. Namun tidak ada yang menjamin secara pasti apa yang akan terjadi dalam hidup ini. Di kemudian hari, mungkin saja seseorang akan menghadapi masalah keuangan yang tidak sesuai dengan harapannya. 

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kestabilan kondisi keuangan. Sebab pemenuhan kebutuhan hidup sangat berkaitan pada jumlah harta atau uang yang Anda miliki.

Nah, sudah penasaran apa saja yang harus dilakukan agar bisa menstabilkan finansial? Simak beberapa tips berikut.

Memisahkan Rekening Pribadi dan Rekening Khusus Bisnis

Jika Anda memiliki sebuah usaha, Anda harus memastikan bahwa antara keuangan bisnis dan pribadi tidak tercampur. Buatlah rekening secara terpisah agar pengelolaan keuangan bisa menjadi lebih jelas dan terkontrol. Dengan cara ini juga, pembukuan menjadi lebih efektif dan efisien. Uang untuk modal bisnis terlindungi dan keuangan untuk kepentingan pribadi juga aman terkendali.

Membuat Catatan Anggaran Keuangan

Memiliki kondisi yang stabil dalam keuangan sangat bergantung pada cara Anda dalam menyusun anggaran. Dengan membuat catatan anggaran, Anda dapat memperkirakan selama jangka waktu tertentu Anda bisa menghabiskan uang berapa untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu Anda juga dapat merencanakan ke mana dan untuk apa uang Anda dipergunakan. 

Dengan demikian, Anda bisa memastikan bahwa jumlah pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan. Hal yang paling penting, Anda mampu berkomitmen dalam menjalankan anggaran secara ketat dan tepat sasaran.

Memiliki Tujuan Keuangan yang Jelas

Untuk menstabilkan keuangan Anda, sebaiknya Anda menentukan tujuan keuangan dengan target jangka pendek dan jangka panjang. Misalnya saja, Anda berencana untuk membeli rumah pada tiga tahun yang akan datang dan memiliki tabungan 1 Miliar rupiah pada lima tahun mendatang.

Dengan menetapkan tujuan keuangan, Anda akan lebih bijak dalam menggunakan uang. Sehingga Anda akan lebih bertanggung jawab dalam mengelola uang untuk investasi di masa depan.

Jangan Mengeluarkan Uang Untuk Hal yang Tidak Penting

Hal ini memang agak sulit dilakukan, membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Tapi jika Anda memiliki keinginan yang besar untuk menstabilkan finansial Anda, kendalikanlah nafsu berbelanja. Anda harus mampu menguasai diri dalam menggunakan uang Anda dengan mengutamakan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan saja.

Untuk itu, perhatikan manfaatnya sebelum membeli sesuatu. Hindari menghabiskan uang untuk hal-hal yang sama sekali tidak penting, sehingga uang yang dikeluarkan tidak dihamburkan secara percuma dan Anda juga tidak menyesal.

Tidak Lupa Untuk Menabung

Agar kondisi keuangan tetap stabil, Anda harus pandai dalam hal menyimpan uang. Hindari perilaku boros sekalipun Anda sedang memiliki banyak uang dalam rekening Anda. Sisihkanlah uang Anda dan konsisten dalam menabung. Pastikan Anda menabung secara teratur setiap bulan dengan jumlah uang yang ditabung sesuai dengan komitmen yang Anda buat sendiri.

Mulai Mencoba Investasi

Menyimpan uang dalam bentuk aset diyakini akan lebih aman. Investasi bermanfaat untuk melipatgandakan uang atau harta Anda dan bisa dijadikan simpanan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Ada berbagai jenis investasi yang bisa Anda pilih. Seperti investasi di bidang properti, reksadana, emas, valuta asing, hingga bermain di sektor pasar modal. Hal yang harus diperhatikan, berhati-hatilah dalam berinvestasi dalam bentuk apapun agar investasi Anda bisa menghasilkan.

Membuat Asuransi Kesehatan

Penyakit maupun musibah tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Namun, jika hal itu terjadi pada Anda, tentunya Anda sangat membutuhkan uang untuk berobat, memulihkan kembali kondisi tubuh dan menyambung hidup. Maka dari itu, asuransi kesehatan sangat diperlukan untuk berjaga-jaga agar Anda tidak mengalami kesulitan jika hal yang tidak terduga terjadi. Selain asuransi kesehatan, persiapkan juga tabungan untuk mempersiapkan dana pensiun ketika Anda sudah tidak aktif bekerja.

Jadi itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar kondisi keuangan Anda tetap stabil. Memang diperlukan niat dan usaha yang keras untuk melakukannya, namun ini akan berdampak pada kehidupan Anda di masa yang akan mendatang. Semoga beberapa hal tersebut bisa menjadi inspirasi bagi Anda dalam mengelola keuangan.